Waktu Efektif untuk Menghafal Al – Qur’an

Assalamualaikum…..

         Waktu menghafal adalah salah satu faktor mudah atau sulitnya menghafal Al – Qur’an. Kali ini, kami akan menjelaskan mengenai waktu yang paling enak buat menghafal AL – Qur’an.
         Mungkin beberapa dari kita mengalami kesulitan menghafal. Hal ini bisa diatasi salah satunya adalah waktu yang tepat. Menghafal pada waktu yang tepat akan membuat otak lebih mudah untuk menerima hafalan tersebut.

         Waktu – waktu tersebut adalah :

  1. Waktu 1/3 terakhir malan (bangun tidur)
    Waktu ini berkisar antara pukul 02.00 sampai dengan adzan  subuh berkumandang. Hal yang membuat waktu ini efektif untuk menghafal adalah karena pada waktu ini, tubuh baru saja bangun, dan otak masih kosong dari pikiran yang lain. Jadi, catatan pentingnya adalah : BARU BANGUN TIDUR. Dan harus dipastikan sudah sholat tahajjud.
  2. Waktu pagi
    Waktu ini berkisar antara setelah subuh hingga kira – kira jam 08.30. Waktu ini juga efektif untuk menerima hal baru, itulah alasan kenapa sekolah mulainya pagi.
  3. Waktu setelah adzan maghrib
    Pada waktu ini, biasanya orang – orang sudah dalam keadaan segar karena sudah mandi. Karena badan yang segar, maka kondisi ini adalah kondisi yang lumayan efektif untuk menghafal. Jadi keywordnya : SUDAH MANDI
  4. Waktu sebelum tidur
    Waktu ini sebenarnya adalah waktu yang paling enak untuk muroja’ah hafalan. Hafalan dimuroja’ah sebelum tidur. Lalu tidur. Kemudian setelah bangun muroja’ah lagi hafalan  yang tadi malam.
     
Dan yang paling penting adalah : DALAM KEADAAN SUCI (BERWUDHU) 
 Jadi jika keywordnya digabungkan maka : BANGUN TIDUR, SUDAH MANDI DAN SUDAH WUDHU
 
          Sekian, mohon maaf apabila salah.
          Apabila ada pertanyaan silahkan komentar.
 
Assalamualaikum……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *